News Feed :


Metode Pemeriksaan Mould & Yeast (kapang & kamir) ini merupakan metode yang merujuk pada ISO ISO 21527-1.
Peralatan:
1. Autoclave
2. Inkubator
3. Cawan petri terbuat dari gelas atau plastic dengan diameter 90 mm
4. Pipet dengan kapasitas 1 ml
5. Water bath yang dapat beroperasi pada suhu 44 0C- 47 0C
6. Mikroskop
7. Tabung atau botol
8. Kaca pembesar (pembesaran 6,5 hingga 50 kali)
9. Penyebar terbuat dari kaca atau plastic (berdiameter 2 mm dan panjang 80 mm)
10. Timbangan
11. Burnsen atau pembakar Spiritus
12. Sendok steril

Bahan/ media:
1. Maximum recovery diluents
2. Dichloran-rose Bengal chloramphenicol agar (DRBC)

Langkah Kerja:
1. Campurkan 180 ml diluents dengan 20 gram sampel yang akan diuji ke dalam plastic steril, lakukan homogenisasi dengan stomacher selama minimal 30 detik (pengenceran 10-1). Ambil 1 ml suspensi dari pengenceran sebelumnya masukkan ke dalam tabung, campurkan ke dalamnya diluents sebanyak 9 ml, kocok hingga merata (pengenceran 10-2).
2. Pindahkan 0,1 ml dari suspensi awal (pengenceran 10-1) pada cawan petri berisi DRBC agar. Pindahkan 1 ml pengenceran 10-2 dengan pipet steril lainnya pada cawan petri lain berisi DRBC agar.
3. Sebarkan cairan di atas permukaan cawan petri dengan penyebar steril sampai cairan sepenuhnya diserap ke dalam medium.
4. Inkubasi cawan petri secara aerobik dengan tutup menonjol, dalam posisi tegak dalam inkubator pada suhu 25°C ± 1°C selama 5 hari. Sebaiknya inkubasikan cawan pteri pada plastic terbuka agar incubator tidak terkontaminasi jamur yang tumbuh dalam cawan petri.
Hitung cawan petri antara hari ke-2 dan hari ke-5 dari masa inkubasi. Pilih cawan petri yang mengandung kurang dari 150 koloni/ propagul/ kuman dan hitung koloni-koloni/ propagul/ kuman. Jika jamur tumbuh dengan cepat, hitung koloni/ propagul/ kuman setelah 2 hari dan setelah 5 hari inkubasi. Jika perlu, melakukan pemeriksaan dengan kaca pembesar atau dengan mikroskop untuk membedakan antara sel ragi atau jamur dan bakteri dari koloni.
5. Setelah selesai melakukan penghitungan dan pencatatan koloni, limbah sisa dikumpulkan di satu kantung plastik dan disterilkan di dalam autoclave 121oC selama 15 menit.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright ©2013 Blog Analis Mikrobiologi - All Rights Reserved Design by SHUKAKU4RT - Proudly Powered by Blogger
Metode Pemeriksaan Mould & Yeast (kapang & kamir)